Malaka #HariKetiga #310113

Pagi ini kesibukan berbeda dari hari kemaren. Hari ini kami bangun lebih cepat dan berkemas tanpa maele-ele. Yups.. kami harus mengejar bis paling pagi menuju Johor Bahru. Untungnya terminal bis itu terletak tidak jauh dari hostel tempat kami menginap, terminalnya berada di Rochard Rd, cukup ditempuh 5 menit dengan berjalan kaki. Ongkos dari SIN – Johor Bahru 2,4 SGD. Sebelum nyampe Johor Bahru, kami harus melewati Imigrasi di perbatasan dua negara ini (SIN-MAL) Woodland. Biasanya prosedur disini tidak lama. Setelah itu kami  melanjutkan perjalanan menuju Johor Bahru yang memakan waktu kira-kira 1 jam.
Setelah sampai di Johor Bahru (Terminal Larkin Sentral), kami merasa berada di Indonesia kembali, karna pas baru nyampe terminal sudah banyak calo bus yang saling berlomba mencari calon penumpang, tidak beda dengan Indonesia kan? Kami lebih memilih membeli tiket di counter resminya saja, selain lebih aman itu lebih nyaman. Kami memilih menggunakan bus Delima dengan ongkos 19 RM menuju Malaka.  Supir busnya baik dan mau membantu para gembel elit  ini🙂

Terminal Larkin Johor Bahru

Bus Johor Bahru - Melaka Sentral
Perjalanan Johor Bahru – Malaka ditempuh dalam waktu 2,5 – 3 jam (Bandung – Jakarta) lewat jalan tol. Karena faktor capek dan interior di dalam bus yang lumayan bagus kamipun tertidur sepanjang perjalanan :p Akhirnya kami sampai di Melaka Sentral, karna kelaparan kami memutuskan untuk makan terlebih dahulu. Di sini kami tidak terlalu memusingkan harga lagi, sekarang kan sudah menggunakan Ringgit :p

Menu Makan Siang

O ya,, Malaka merupakan sebuah warisan budaya UNESCO.

Setelah itu kami naik bus  17 menuju Dataran Pahlawan, dengan ongkos 1,3 RM. Kami turun di sekitaran Dataran Pahlawan, cukup dengan berjalan kaki sekitar 10 menit kami sampai di hostel yang bersedia menampung kami selama 2 hari ini, Mari-Mari Guest House. Karena saat itu lagi diskon kami mendapatkan harga kamar dengan harga yang sangat miring (sekitar 10 RM/org ). Setelah beres2, kami melanjutkan perjalanan menuju Christ Church yang cukup ditempuh 10 menit dari hostel,. Christ Church merupakan gereja tua yang mempunyai arsitektur yang indah, di halamannya terdapat sebuah kolam air mancur dan banyak becak-becak hiasan berbagai rupa. Di dekat Christ Church, ada Stadthuys yang merupakan rumah dinas gubernur dan staf pemerintah Belanda yang dibangun pada tahun 1650. Gedung ini sekarang menjadi Museum of History and Ethnography. Warna gedung awalnya putih, tetapi kemudian dicat dengan warna red-salmon agar mendekati warna Christ Church. Didekat itu juga terdapat reruntuhan gereja Katolik St. Paul’s Church. Lokasi ini disebut dengan Rumah Merah, karena bangunan di sekitar sini berwarna merah. Menghabiskan sore di lokasi ini merupakan sebuah pilihan yang tepat.

Di depan Chirst Church

Chirst Church

Becak Unik ala Malaka

Setelah menghabiskan senja di sana, kami melanjutkan perjalanan menuju Jonker Walk. Awalnya si pengen memcoba es cendol duren yang ada di Jonker 88, ternyata karna kami nyampe sana sudah sore tempat itu sudah tutup. Jonker 88 merupakan tempat makan yang lumayan terkenal di sini. Akhirnya kami minum kopi di Ochado sambil menunggu malam.

Ochado

Setelah itu kami kembali menuju Malaka river dengan tujuan naik River Cruise. Sebelumnya kami sempat singgah di Maritim Museum.  Harga tiket River Cruise sekitar 15 RM/org. Di sini kita di ajak berkapal-kapal ria mengelilingi Malaka River.

Senja di Malaka River

Maritim Museum

Kincir Kerajaan Malaka

Setelah puas mengelilingi Malaka River yang eksotis, kami menghabiskan malam di depan Chirst Church

Radar Neptunus

Itulah perjalanan kami di hari ketiga, masih ada lima hari lagi yang tersisa😀