HariPertama: WelcometoSingapore (290113)

Yeyyy,, akhirnya setelah menempuh perjalanan Bandung – Singapore, kami (para cewek nekat (saya, kak nia, kak el dan kak ega) serta temannya kak ega)akhirnya menginjakkan kaki di bumi om Rafless ini😀
FYI, di pesawat kita disuruh untuk mengisi semacam formulir yang akan berfungsi di kantor imigrasi, sebenarnya si kita gag harus mengisi di pesawat, tapi itu cuma buat kemudahan nanti. Supaya pas landing kita bisa langsung masuk ke imigrasi tanpa harus antri mengisi formulir tadi. Jadi jangan lupa siapkan pulpen di saku anda. Sebenarnya saya sudah di ingatkan dari awal, namun karena newbie saya lupa, jadi aja pas di pesawat minjam ama bule cakep di samping saya, lumayan sekalian kenalan n ngisi waktu :p
Sebelum landing aja saya udah begitu terkagum melihat keindahan negeri singa ini dari atas pesawat, saya tidak henti2nya mengagumi ciptaan Sang Kuasa. Saya pun sibuk dengan kamera untuk mengabadikan setiap sudut yang terlihat dari atas. Dari atas saya bisa langsung mengenali Esplanade n Marina Bay Sand, karena itu terlihat jelas n itu yang membuat saya tersadar kalo saya benar2 udah keluar dari bumi pertiwi.

Setelah landing kami langsung menuju imigrasi, awalnya itinerary kita untuk keliling2 fasilitas2 ruang tunggu yang ada di bandara yang katanya merupakan salah satu bandara terbaik di dunia. fasilitas yang tersedia Terminal 1: taman kaktus. Terminal 2: taman anggrek, taman pakis, taman bunga matahari, kolam ikan koi (t.3), movie theatre (t.3), entertainment deck. Terminal 3: taman kupu-kupu. Itu memang terbukti dari layanan dan arsitekturnya. Bagi saya Changi merupakan sebuah kota kecil yang menyediakan semua kebutuhan hidup. Namun kita membatalkan itinerary awal karena pertimbangan bagasi dan urusan di imigrasi. Setelah selesai di imigrasi kita sempat keliling terminal yang ada di sini, karena untuk menuju satu terminal ke terminal lainnya kita tidak perlu khawatir lelah berjalan. Disini disediakan Sky Train yang membuat kita leluasa akses semua terminal.

Untuk mengisi waktu menunggu tempat penjualan Ez-Link buka (kartu yang memiliki fungsi utama sebagai alat pembayaran sarana transportasi umum di Singapura baik MRT (Mass Rapid Transit), LRT (Light Rail Transit), atau Public Bus, bahkan dengan kartu ini pula kami dapat masuk ke REsort Wordl Sensota dengan cukup mengeluarkan 1SGD saja :D… Harga 1 Ez-Link 12 SGD, kami langsung mentop-up sebanyak 10SGD untuk perjalanan 2 hari di sini. ), kami mencoba menikmati fasilitas yang bisa di akses gratis. Slah satunya ada mencoba SLIDE, permainan yang membuat saya tidak pernah bosan mencobanya.

SLIDE CHANGI

Slide Changi

Setelah cukup puas di SLIDE kami melanjutkan perjalanan ke terminal 2, disana tersedia tempat pembelian Ez Link. Setelah masing-masing mendapatkan kartu kami beranjak menuju hostel di daerah bugis.Kami naik MRT jalur hijau: tujuan tanah merah,  turun di tanah merah, naik MRT tujuan Joo Koon dan turun di Bugis. Jarak antara stasiun MRT dengan hostel bisa ditempuh lebih-kurang 5 menit berjalan kaki. Ini merupakan salah satu nilai plus negara ini di mata saya, mereka membangun  transportasi di titik2 tempat pariwisata atau umum. Salama di Singapore kami menginap di ABC Hostel n Backpacker yang terletak di Kubor St. Kami memilih kamar yang menyediakan 4 bed dan AC dengan biaya permalam 24SGD/org. Fasilitas yang di dapatkan di sana ada Wi-fi, ruang internet, breakfast, dan Setrikaan. Hostel ini sudah lumayan punya nama di kalangan backpack Indonesia. Check in disini jam 12.30 dan batas check out jam 11.00 (waktu Singapore.)

Setelah selesai istirahat, shalat dan makan siang, perjalanan menjelajah Singapore-pun kami mulai. Tujuan pertama adalah Suntec City, untuk melihat Fountain of wealth yang konon katanya bagi siapa yang bisa menyentuh airnya akan beruntung. Sayangnya pas nyampe sana sedang di adakan renovasi, jadi kami tidak bisa mencoba keberuntungan di sana. Akhirnya kami melanjutkan perjalanan menuju Esplanade.

Esplanade

Setelah puas photo2 dan melihat daftar pertunjukan yang akan berlangsung kami langsung beranjak menuju ikon na kota Singapore, kami menuju Taman Merlion.

Taman Merlion

Marina Bay Sand dari Taman MerlionSelanjutnya kemi menuju Asia n Civilisation Museum yang terletak di samping The Fullerton Hotel, kemudian kami ke tempat Rafless pertama kali menginjakkan kakinya di Negeri singa ini “Raffless Landing State”. Kami menikmati sore di Clarke Quay dan menyusurinya dengan menggunakan river cruise.

Raffless Di dalam river cruise

Setelah itu kami menuju Marina Bay Sand untuk menunggu pertunjukkan Wonderfull Night Spectaculer yang diadakan jam 20.00 tiap harinya. Ini merupakan pertunjukkan air dan cahaya yang luar biasa. Kemudian kami kembali ke Taman Merlion untuk menyaksikan merlion di malam hari. Singgah sebentar di Art Science Museum untuk photo2. Kami menewati jembatan DNA “Helix Bridge”. Dan dari kejauhan kami bisa melihat keindahan Singapore Flyer di malam hari.

Marina di kala senja

Art Science Museum dari kejauhan

Helix Bridge

Marina Bay Sand

Merlion PArk di malam hari

Setelah puas dan lelah mengelilingi seputar Marina dan Merlion Park, kami melanjutkan perjalanan menuju Mustafa “saat na berburu coklat dan oleh2”. Padahal itu baru hari pertama dari delapan hari yang dijadwalkan :p

Akhirnya badan kamipun protes untuk segera istirahat, sebelum kembali ke hostel kami mengisi perut dulu di Kp. Glam yang letakknya ternyata tidak jauh dari hostel. Finally kami sampai di hostel jam 00.00

Capek, letih, puas, kagum dan semangat bercampur untuk hari itu..

9 thoughts on “HariPertama: WelcometoSingapore (290113)

1. Ping-balik: Konsep Ide | Tsamaratul Janniah's Blog

2. Ping-balik: Hari Pertama: Welcome to Singapore (290113) | Tsamaratul Janniah's Blog