#Surabaya #Batu


Alhamdulillah Ya Allah, akhir na ia berhasil dan di beri kesempatan untuk menapaki semua provinsi yang ada di pulau Jawa ini meski baru 4 tahun berdiam di pulau ini. Semoga Allah mengizinkan ia untuk menapaki semua wilayah di bumi pertiwi ini dan dunia nanti na, amin Ya Allah.

Kunjungan ke Surabaya kali ini masih merupakan rangkaian tugas Pelatihan Pendataan Pendidikan. Setelah sebelumnya Puncak, Bandung, Jogja, Bandung, sekarang tiba giliran kota Surabaya. Pelatihannya bertempat di Hotel Oval, dekat dengan patung Sura dan Buaya ikon kota Surabaya. Peserta pelatihan di kota ini berasal dari Surabaya dan Kalimantan. Kebetulan ia sendiri dapat kelas dari daerah Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Ternyata ada SMP yang berasal dari tempat kelahiran ia, Sampit:D

Hari pertama di Surabaya kami sempatkan untuk singgah dan bernarsis ria sambil menikmati senja di kota Pahlawan . Tempat pertama yang kami singgahi adalah ikon kota Surabaya, Sura dan Buaya yang terletak di gerbang masuk Kebun binatang Surabaya. Tempat ini cuma sekitar 5 menit berjalan kaki dari hotel. Setelah puas berpose di sini, kami melanjutkan perjalanan. Beberapa orang di antara kami merasa kelaparan, akhirnya kita mencari kuliner Surabaya. Awalnya kita hendak makan yang namanya rujak cingur, namun sayang kami tidak menemukannya. Akhirnya senja itu kita berlabuh di kedai Soto Lamongan. Malamnya sekitar jam 20.00 acara pelatihan pun resmi dibuka oleh bapak dirjen pembinaan SMP.

Patung Sura dan Buaya

Photo dulu di ikon kota Surabaya

Pelatihan yang berjalan di hari kedua cukup membuat kami para instruktur sibuk. Karena peserta pelatihan kebanyakan guru-guru yang sudah cukup berumur, bahkan sebagian masih kaku dalam mengoperasikan komputer. Namun yang bikin ia senang dan salut adalah semangat mereka mengalahkan usia senjanya:D Pelatihan yang dimulai jam 08.00 itu berakhir jam 17.00. Dan surprise-nya, ada ibu-ibu peserta pelatihan yang memberi kita oleh2 dari Pulau nun Jauh disana, Kalimantan. Terima kasih ibu:D. MAlamnya dilakukan acara penutupan. Rencananya malam itu kita mau mengunjungi jembatan SuraMadu, namun katanya lampu disana kalo malam di matikan, kami pun membatalkan mengunjunginya😦

Perjalanan di hari ketiga kami lanjutkan, ini merupakan hari yang dinanti2 semuanya. Ya Liburan:D
Tujuan kami kali ini adalah kota Batu, kota yang terkenal dengan iklim na yang sejuk. Dari hotel kami menggunakan travel ke kota Batu, lama perjalanan sekitar 2-3 jam. Ongkos travel berkisar Rp. 80.000. Sepanjang perjalanan kami melewati Taman Makam Pahlawan 10 November dan Lumpur Lapindo. Sesampainya di batu kami langsung ke villa yang sebelumnya udah kami sewa. Sewa villa di sini lumayan murah juga, untuk villa standar 3 kamar tidur itu cuma Rp. 350.000/malam, sedangkan yang ada fasilitas air panas cuma Rp. 350.000. untuk masalah makanpun tidak usah khawatir, karena disediakan kompor. Kalaupun malas masak, kita bisa menggunakan jasa delivery 24 jam.
Setelah shalat dan istirahat, liburanpun dimulai. destinasi pertama: Jatim Park 2 (Batu Secreet Zoo).. Untuk kemudahan akses menuju tempat2 yang udah ada di list, kami menyewa satu buah angkot yang cukup menampung kami semuanya. Kalau tidak salah kami membayar sekitar Rp. 300.000 untuk satu hari.
Jatim Park 2 terdiri dari Museum Satwa, Hotel Pohon Inn dan Batu Secret Zoo.
Harga Tiket Jawa Timur Park 2:

Batu Secret Zoo

1. Hari senin-kamis Rp.55.000

2. Hari jumat-minggu Rp.65.000

Museum Satwa

1. Hari senin-kamis Rp.20.000

2. Hari jumat-minggu Rp.20.000

Tiket Terusan Jawa Timur Park 2

1. Hari senin-kamis Rp.60.000

2. Hari jumat-minggu Rp.75.000

Kami mengambil tiket terusan dengan asumsi lebih hemat biaya. Sampai disini awal nya kami pada sibuk mencari ole-oleh terlebih dahulu, setelah puas belanja oleh-oleh kami langsung mengisi perut yang dari tadi sudah mulai bernyanyi. Setelah perut terisi kami melanjutkan ke Batu secret Zoo. Ini merupakan arena yang ada kebun binatang, tempat wisata dan permainan. Ini adalah kebun binatang terhebat yang pernah kami kunjungi. Tidak hanya karena arsitektur dan kelengkapan koleksinya, pengunjung di arahkan untuk melewati jalan2 yang secara otomatis membuat kita melihat semua koleksi yang ada. Di setiap sudutpun ada semacam spot games tentang koleksi hewan disana, misalnya mencocokkan mata binatang. Disini juga terdapat semacam tour singkat hewan 5 Benua. disini kita di ajak berkeliling melihat dan belajar ttg hewan2 yang jarang kita temui di Indonesia.
Setelah puas melihat koleksi hewan, kita langsung menuju arena permainan. Permainan yang ada seperti dufan, namun ini dalam skala kecilnya. Di sini kita juga sempat mengunjungi rumah hantu.
Terakhir kita mengunjungi MUseum Satwa, museum satwa yang lengkap dan unik.
Malamnya kita akhiri dengan melanjutkan perjalanan menuju Batu Night Spectaculer. Disini kita melanjutkan permainan. Yang menjadi idola kita di sini adalah Sepeda Gila dan Trambolin.

P

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s