Tata Krama Mahasiswa


setelah selesai beberes kamar, coba liat2 arsip perkuliahan. eh,, malah nemu ini.. ini merupakan tugas yang dikasih Panitia Kaderisasi jurusan ketika awal jadi mahasiswa, gg terasa sekarng udah mau lulus ajaa, amin..

Keputusan rektor  tentang tata krama dan prilaku mahasiswa UPI di lingkungan kampus bumi siliwangi memang sudah sepantasnya. Disini diterangkan bagian apa saja yang mesti diikuti  dan dijalankan oleh para mahasiswa.  Mulai dari cara berpakaian, bergaul  dan berbicara.   Coba kita perhatikan bagaimana sekitar kita. Apakah itu semua sudah mencerminkan seorang yang terpelajar. Saya rasa belum.

Memang sebagian dari mahasiswa disini sudah berpakaian dan berprilaku yang menunjukan seorang yang terpelajar. Mereka memenuhi norma kesopanan dan kesusilaan dunia timur. Mereka tau batasan dalam berpakaian. Mereka tau bagaimana cara bergaul orang timur.

Tapi coba kita perhatikan dengan seksama lagi. Rasa saya hanya segelintir mahasiswa saja yang berbuat demikian. Kita ambil contoh yang paling kecil. Yaitu tidak diperbolehkannya memakai kaos oblong dan sandal jepit ke kampus. Tapi pada kenyataannya kita masih banyak melihat mahasiswa / i yang bertindak demikian. Mereka seenaknya saja ke kampus dengan berpakaian seperti itu. Mereka berlagak cuek dengan sekitarnya. Bahkan diantara mereka ada yang memiliki style rambut yang bermacam-macam, mungkin mereka berpikir mereka itu seniman. Menyedihkan sekali, itu bukan cuma dilakukan oleh mahasiswa jurusan seni tapi juga oleh mahasiswa yang menyatakan dirinya sebagai anak sains atau IT. Walau sebenarnya itu sah-sah saja. Asal masih dalam batas kesopanan. Tapi permasalahan yang mendasar disini adalah kata-kata yang melekat pada nama universitas ini, “ pendidikan”.

Lalu jika ditinjau dari cara bargaul. Masih dilihat disana-sini ada yang namanya geng atau kelompok-kelompok kecil. Mereka berkelompok sesuai dengan kriteria atau kepibadian mereka masing-masing. Kelompok mahasiswa pintar yang selalu menomorsatukan kuliah. Geng mahasiswa gaul dan bermacam lainnya.

Kadang saya berpikir apakah mereka tidak menyadari hakikat kampus ini. UPI adalah universitas pendidikan yang terbesar di Indonesia. Satu-satunya dari sekian kampus pendidikan yang ada di negeri ini yang menyandang nama Indonesia. Mereka belum bisa mempertanggungjawabkan almamaternya. Mungkin ini adalah gambaran pendidikan di Indonesia.

Orang-orang terpelajaran tidak memikirkan hal yang kecil dalam kesehariannya. Padahal itu berdampak besar dalam hidupnya. Itu merupakan cerminan kepribadian mereka. Karna kebanyakan kita menilai seseorang dari luarnya, walaupun itu tidak sepantasnya.

Semoga dengan dikeluarkannya keputusan ini, tata krama dan prilaku mahasiswa di kampus ini menjadi lebih baik. Sehingga kita bisa memperlihatkan pada dunia bagaimana wajah pendidikan Indonesia.

Hidup mahasiswa!!!!!!!

apakah saya dan anda termasuk golongan di atas?😀
tanya pada diri kita sendiri..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s