ANALISIS PEMODELAN ENTERPRISE ARCHITECTURE ZACHMAN FRAMEWORK PADA SISTEM INFORMASI SMA N 1 GUGUAK (studi kasus penerimaan siswa baru (PSB))


ANALISIS PEMODELAN ENTERPRISE ARCHITECTURE ZACHMAN FRAMEWORK PADA SISTEM INFORMASI SMA N 1 GUGUAK

(studi kasus penerimaan siswa baru (PSB))

Emilia Novianti

Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA),

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Jl Dr Setiabudi No. 229 Bandung

08987961488 / 085263085928

Email : emilia.novianti@fosmi.or.id

ABSTRAK

Sistem informasi dan sistem komunikasi pada sebuah organisasi harus dibangun berdasarkan desain atau rancangan yang jelas pada awal pembangunannya. Penambahan satu fungsi atau satu sub-sistem pada sistem yang sudah berjalan, akan merusak keharmonisan dari sistem tersebut. Upaya untuk menghindari terjadinya gangguan pada kehormonisan sistem pada saat pengembangan sistem tersebut adalah dengan melakukan perencanaan dari sistem tersebut secara jelas sebelum sistem tersebut dibangun. Perencanaan sistem secara menyeluruh (melingkupi seluruh aspek dalam organisasi) disebut dengan Enterprise Architecture. Saat ini teknologi dan sistem informasi berkembang semakin pesat, keduanya merupakan hal yang tidak bisa terpisahkan baik untuk kalangan organisasi besar, menengah atau organisasi kecil. Pembangunan sistem yang mengacu pada penerapan teknologi informasi merupakan dasar bagi organisasi untuk berkembang ke arah yang lebih baik dalam hal efektivitas dan efisiensi kinerja organisasi. Dengan menerapkan teknologi informasi diharapkan organisasi dapat meningkatkan kemampuan bersaing dengan para pesaingnya. SMA N 1 Guguak merupakan sekolah favorit di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. SMA yang memiliki SDM dan SDA yang handal. Didukung dengan teknologi yang memadai, namun sayang belum dimanfaatkan secara maksimal. Mereka belum memanfaatkan teknologi informasi yang berbasis Enterprise Architecture dalam membangun keselarasan antara sistem informasi dengan strategi dan sasaran bisnis yang ditetapkan. Zachman Framework merupakan salah satu metodologi pemodelan sistem informasi yang dapat mendefinisikan organisasi secara lengkap.

Kata kunci : Enterprise Architecture, SMA N 1 Guguak, Zachman Framework

untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di :

http://www.mediafire.com/?2sm2dc9z63mgnkn

One thought on “ANALISIS PEMODELAN ENTERPRISE ARCHITECTURE ZACHMAN FRAMEWORK PADA SISTEM INFORMASI SMA N 1 GUGUAK (studi kasus penerimaan siswa baru (PSB))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s